Tips Sebelum Berangkat Mudik Pulang Kampung


Tips Sebelum Berangkat Mudik Pulang Kampung - Tak terasa beberapa hari lagi kita akan berjumpa dengan hari raya lebaran idul Fitri, Dan Berpisah dengan bulan suci ramadhan.

Bagaikan tradisi yang telah turun temurun terus berlanjut, Setiap kali akan berjumpa dengan hari raya idul Fitri, Semua orang pastinya akan pulang ke kampung halamannya, Tempat mereka di lahirkan, Demi bertemu dengan keluarga dan sanak keluarga lainnya.

Tidak hanya untuk melepaskan kerinduan, Orang-orang berbondong-bondong pulang dari perantauan ke kampung halamannya juga untuk berlibur melepaskan kepenatan dikala sedang bekerja di kota.

Pada kesempatan kali ini Izinkan saya selaku admin Blog Bang Ariel, Membagikan Tips Bermanfaat Buat kalian yang akan Berangkat Mudik Pulang Kampung.

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, Jika kalian hendak berpergian jauh khususnya mudik pulang kampung, Apa saja hal-hal tersebut ?, Mari kita simak baik-baik hal yang harus kalian perhatikan.

Tips Sebelum Berangkat Mudik Pulang Kampung


#Cek Kesehatan Tubuh


Hal yang satu ini perlu sekali kalian perhatikan, Jika memang kalian akan berangkat mudik pulang kampung, Apalagi jika memang kampung halaman kalian terbilang sangat jauh untuk di tempuh.

Kalian benar-benar harus kontrol kesahatan tubuh kalian, Jika tubuh kalian sedang drop atau tidak vit, Sebaiknya kalian pergi terlebih dahulu ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk melakukan perawatan, Jika sekiranya tubuh kalian sudah vit/sehat kembali, Barulah kalian bisa berangkat mudik pulang kampung.

Tapi Jika dokter menyarankan kalian untuk tidak berangkat mudik pulang kampung, Sebaiknya kalian jangan pulang kampung, Kalian harus memastikan tubuh kalian telah pulih sepenuhnya terlebih dahulu.

#Persiapkan Jadwal Keberangkatan


Nah untuk tips yang ini, Admin menyarankan sekali, Jika kalian berangkat mudik menggunakan kendaraan umum, Baik itu Bus, Kereta, Kapal, Ataupun Pesawat, Kalian persiapkan Tiket Keberangkatan setidaknya paling lambat 1 bulan sebelum hari raya idul Fitri, Kenapa Harus 1 Bulan Sebelum Idul Fitri ?

Jika kalian tengah berada di kota, Kalian perlu sekali mempertimbangkan hal tersebut, Karena seperti yang sudah-sudah, Tiket Keberangkatan akan kehabisan stok jika kalian tidak membooking tiketnya dari jauh-jauh hari.

Waktu pemesanan yang paling tepat adalah 1 bulan sebelum hari raya idul Fitri, Jika kalian mengabaikan tips yang satu ini, Siap siap saja kalian tidak akan mendapatkan tiket untuk pulang, karena kehabisan total.

Mungkin bisa saja nanti ada calo yang menawarkan tiket untuk kalian, Tapi harga tiket tersebut apabila kalian mendapatkan nya melalui calo, Harga nya akan berkali-kali lipat lebih mahal dari harga normal.

Sekarang kita akan bahas persiapan jadwal keberangkatan jika kalian memiliki kendaraan pribadi sendiri, seperti mobil atau motor.

Jika kalian berniat untuk Berangkat Mudik Pulang Kampung dengan kendaraan pribadi yang kalian miliki, Saya sangat menyarankan sekali kalian untuk berangkat dengan tidak memilih waktu yang mepet sebelum hari raya idul Fitri.

~ Waktu Yang Pas :


1. Minimal 8 Hari Sebelum Hari Raya
2. Minimal 6 Hari Sebelum Hari raya
3. Maksimal 4 Hari Sebelum Hari Raya

~ Jam Keberangkatan Yang Pas :


1. Antara Jam 04 Pagi - 06 Pagi
2. Antara Jam 7 Malam - Jam 9 Malam

Bila kalian suka sekali Beberangkatan di pagi hari, Saya sangat menyarankan kalian berangkat pada jam 4 pagi, Atau bisa setelah selesai sholat subuh, Karena saat-saat jam tersebut, Jalanan masih sangat lenggang dan lancar.

Bila kalian suka sekali Beberangkatan di malam hari, Saya sarankan untuk kalian berangkat pada jam-jam yang saya rekomendasikan, Karena demi menjaga keamanan kalian juga, Kalian haris memilih waktu yang agak sedikit masih ramai.

Demi terhindar dari segala kegiatan kejahatan di malam hari, Karena berangkat untuk perjalanan yang jauh pada malam hari rawan sekali terkena tindak kejahatan, Intinya kalian harus sangat berhati-hati apabila memilih waktu malam hari, Jika kalian merasa ngantuk, Kalian bisa berhenti terlebih dahulu pada tempat peristirahatan terdekat.

Nah sedangkan untuk hari keberangkatan, Kalian bisa ikuti saran yang saya berikan diatas, Karena hari-hari tersebut sudah sangat rekomendasi, Demi menghindari kepadatan/kemacetan di jalan, Saat sedang mudik.

Saya Sarankan jangan kalian memilih waktu/hari berikut ini :


1. 3 Hari Sebelum hari raya
2. 2 Hari Sebelum hari raya
3. 1 Hari Sebelum hari raya

Karena waktu-waktu tersebut sudah dijamin, hari-hari puncak kepadatan dijalan, Saya jamin pada waktu-waktu tersebut kemacetan total akan terjadi.

#Persiapan Barang Bawa'an


Barang bawaan yang akan kalian bawa, Harus benar-benar di pertimbangkan, Ketika kalian hendak berangkat mudik pulang kampung, Terutama jika kalian berangkat menggunakan kendaraan pribadi roda 2, Kalian harus benar-benar membawa hal-hal yang di perlukan saja, Jangan sampai membawa barang-barang yang melebihi kapasitas muatan kendaraan roda 2 tersebut, Demi keselamatan kalian yang mengendarai.

Jika kalian berkendara menggunakan kendaraan pribadi roda 4, Setidaknya bawalah hal-hal yang hanya di perlukan saja, Saya sangat merekomendasikan kalian membawa, Makanan ringan dan persediaan air minum yang sekiranya cukup.

Demi menjaga-jaga apabila terjadi kemacetan total saat perjalanan, Karena seperti yang kalian ketahui, Apabila kalian sengaja membeli sesuatu dijalan dan jalanan sedang dalam keadaan macet total, Saya berani jamin, Harga produk yang dijual berkali-kali lipat jauh lebih mahal dari harga asli, Makanya kalian perlu sekali membawa persiapan makanan saat dijalan, Demi menghemat persediaan uang kalian juga.

#Lakukan Cek Kesehatan Mesin Kendaraan

Untuk Tips yang satu ini sangat perlu sekali untuk kalian perhatikan, Ketika kalian hendak berangkat mudik pulang kampung, Saya sangat menghimbau kepada kalian semua, Yang memiliki kendaraan pribadi baik itu roda 4 atau roda 2.

Pada saat sebelum berangkat, Cek terlebih dahulu kesehatan mesin kendaraan kalian masing-masing, Jangan sampe ada yang kebablasan, Cek terlebih dahulu, Baik itu mesinnya, Oli Nya, Ban nya, Rem Nya, bensin nya, Dan yang lain-lain.

Jika kalian menemukan sebuah kerusakan, Sebaiknya langsung saja bawa kendaraan kalian, Pada bengkel profesional pada daerah kalian masing-masing.

Dengan demikian kalian akan terhindar dari resiko, Mogok dijalan, Ketika kalian sedang di perjalanan mudik.

#Amankan Rumah


Ya Point yang terakhir ini juga sangat penting sekali untuk kalian perhatikan, Karena sudah banyak sekali kasus baik itu pencurian, Pembobolan, Kebakaran, Akibat rumah yang di tinggalkan tidak di amankan terlebih dahulu.

Pastikan kalian menonaktifkan meteran listrik yang tersambung pada rumah kalian terlebih dahulu, Demi mengurangi resiko kebakaran.

Kunci semua akses menuju rumah kalian semua, Baik itu kaca, Jendela, Pintu, Ataupun atap rumah kalian , Pastikan kalian mengunci semua akses, Hal ini mengurangi kegiatan pencurian dan pembobolan rumah.

Dengan demikian kalian bisa bertemu dan bertegur sapa dengan orang tua dan sanak keluarga, momentum lebaran akan sangat menyenangkan

Jika ada kesalahan kata yang telah admin sampaikan, Mohon untuk dimaafkan, Karena admin sama sekali tidak di sengaja.

Bila artikel ini bermanfaat, Kalian bisa bagikan artikel ini pada Social media kalian semua, Dan jangan lupa untuk selalu tinggalkan komentar pada kolom komentar yang telah disediakan.

Penutup

Demikianlah artikel ini bisa saya sampaikan kepada kalian semua, Semoga bisa menambah wawasan ilmu kalian semua, Jangan lupa untuk selalu mengunjungi Blog Bang Ariel ini, Cukup sekian dulu dari saya.

Terimakasih.

0 Response to "Tips Sebelum Berangkat Mudik Pulang Kampung"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Dilarang !
- Sara
- Provokasi
- Menggunakan Kata Kasar
- Spam
- Phissing
- Sebar Url
- Dan Lain Lain yang melanggar ketentuan Google.

Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Santun,

Jika komentar kalian melanggar ketentuan blog bang ariel, Dalam Sekejap Komentar Anda Akan Saya Hapus.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel